JENIS BAHAN

Bahan jaket merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas maupun model jaket yang akan diproduksi. Terdapat beberapa model jaket antara lain model jaket casual, formal dan jaket motor. Berikut beberapa bahan jaket yang digunakan di Indonesia:

1. MICRO
Tipis seperti parasut, sekilas terlihat seperti bahan kain,bukan bahan nylon, 1 sisi mengkilap sisi yang lain dop (redup).


2. DIADORA
Bahan Diadora adalah bahan yang sering digunakan untuk jaket yang bernuansa sport. Bahan ini agak terlihat mengkilat dan agak lebih tebal dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk jaket sport.



3. LOTTO
Bahan Lotto adalah bahan yang terlihat agak mengkilat hampir sama dengan bahan Diadora namun lebih tipis dari bahan Diadora, bahan Lotto biasanya digunakan untuk jaket bertipe sporty.


4. ADIDAS
Bahan Adidas merupakan bahan yang sering digunakan untuk jaket/pakaian sport agar terlihat sporty, bahan adidas adalah bahan jersey. Dibandingkan dengan bahan Diadora dan bahan Lotto, bahan Adidas terlihat agak kurang mengkilat dengan ketebalan yang hampir sama dengan bahan Lotto.


5. TASLAN
Bahan ini paling terkenal paling eksklusif,karena bahan ini ada sub nya yang anti air.Bahan lebih tebal dari microfibre, harga lebih mahal, biasa dipakai untuk Jaket Motor, ada jenis taslan yang waterproof ada yang tidak.Bahan taslan jika memakai lapisan karet (coating latex) menjadi bahan anti air, cukup menahan air sampai 80%. Apabila hujan deras air dapat merembes ke dalam jahitan jaket.


Sebenarnya bahan taslan sendiri banyak macamnya, seperti taslan korea, taslan lokal taslan jarum taslan milky, taslan salur dll. Kain taslan diproduksi dari bahan serat sintetis dengan kulitas yang sangat tinggi, sehingga kuat untuk menahan angin dan atau air baik digunakan saat berkendaraan motor malam hari sekalipun. Kelebihan lain dari bahan ini adalah lebih tebal jika dibanding dengan bahan lain serta nyaman saat dipakai karena bisa mengikuti lekukan tubuh. Kelebihan lain lagi adlah memiliki permukaan bahan yang licin, serta memiliki kerapatan serat yang sangat rapat serta dengan lapisan baloon dibagian dalamnya sehingga mampu menahan air (waterproof). Meski begitu bahan ini tergolong ringan sehingga tetap mudah dalam pelipatannya. Dan sifat lain dari bahan ini adalah jika terkena air seperti daun talas.

6. PARASUT
Bahan parasut adalah bahan yang kedap air, terbuat 100% dari nylon, bahan tipis.Tingkat kedap air tidak bertahan lama jika terjadi hujan deras. Kurang pas digunakan biker di malam hari.


7. CODURAY
Bahan corduray ini sifatnya halus, walaupun kain ini bergaris-garis. selain sebagai bahan jaket, corduroy juga bisa digunakan sebagai bahan celana panjang.


8. DRILL
Bahan banyak jenisnya, mulai dari yang keluaran pabrik dalam negeri maupun yang keluaran pabrik luar (contohnya, American Drill, Japan Drill, Taipan Drill, dan drill-drill merek lokal). Bahan drill ini biasa digunakan untuk jaket-jaket yang agak formal, bahkan biasanya sering dipakai celana.


9. BABY TERRY
Bahan katun yang sangat nyaman untuk jaket, tebal namun tidak panas. Cocok bagi mereka yang berada di iklim tropis. Bagian luar handfeelnya seperti bahan kaos,bagian dalam kayak handuk. Bahan lebih tipis dari fleece.


10. TERRY DOOR
Bahan ini memiliki karakteristik menyerupai bahan Baby Terry bahkan susah membedakanya bagi orang yang awam. Hanya bahan ini lebih tebal dari bahan baby terry.


11. FLEECE (PLIS)
Sama seperti terry, namun berbulu pada bagian dalamnya, sehingga menjadi lebih tebal dibanding terry dan lebih hangat. Cocok bagi mereka yang berada di wilayah cukup dingin. Ada yang 100% cotton ada yang 100% polyester. Polyester Fleece sama seperti kaos bahan PE. Dibandingkan dengan cotton fleece, bahan ini lebih mengkilap karena mengandung polyester/plastik. Biasanya PE Fleece lebih kaku daripada cotton fleece.


12. KANVAS
Bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi. Jenis kanvas bervariasi, dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas.

Jenis bahan kanvas :
- Kanvas Marsoto
Canvas Marsoto adalah canvas yang paling tebal dan permukaannya terasa agak kasar

- Kanvas Ring
Kain Canvas ring tidak setebal Canvas Marsoto. Karakteristik permukaan Canvas Ring terasa agak kasar dan terdapat serat ring 1 jalur.

- Kanvas Sueding
Kain Canvas Sueding terasa lebih lembut dibandingkan dengan jenis canvas lainnya sehingga jika dipegang akan terasa lebih tipis meskipun memiliki ketebalan yang sama dengan canvas ring.

- Kanvas Baby
Ketebalan kain Baby Canvas lebih tipis dibandingkan dengan canvas lainnya.

13. JEANS ATAU DENIM
Bahan yang biasa digunakan untuk celana dan jaket, tebal dan kuat.


14. TESSA
Bahan yang digunakan untuk bikin jaket-jaket yang semi jas dan harga serta kualitas berada di bawah jas.


15. KULIT / OSCAR
Bahan merupakan perpaduan kulit dan bahan lubrikan. Kelebihannya hampir sama dengan jaket kulit, hanya saja jaket ini tidak cocok untuk digunakan di siang hari, terutama saat matahari terik. Bahan sintetik tidak memiliki daya serap keringat.


16. DOLBY
Dolby adalah jenis polyester fabric yang paling premium yang sering digunakan pada tas ransel atau gym/fitness bag. Jenis tas ini memiliki pori-pori yang paling besar (oleh karena itu sering disebut 1680D) memiliki tekstur yang wrinkle free, tebal, waterproof dan tear-resistant. Karena sifatnya yang mahal, kain ini hanya tersedia pada beberapa warna saja dan terkesan terlihat lebih glossy (mengkilap)


17. POLAR
bahan pollar bahan yang berbulu seperti jaket yang digunakan di negara yang memiliki musim salju,  Bahan polar ini biasa digunakan di tempat dengan cuaca yang dingin, karena sangat baik sekali untuk menjaga tubuh tetap hangat.Dengan bulu bulu polarnya yang tebal mampu melindungi diri dari hawa dingin dengan baik .Polar berasal dari campuran serat viscose, cotton dan polyester dan serat


18. DESPO
bahan despo adalah salah satu bahan sejenis parasit namun dia tidak kasar ( lembut ) sehingga nyaman sekali untuk dipakai


19. RIPSTOP
Bahan Kain ripstop adalah bahan jaket yg dilapisi oleh bahan semi katun dengan tekstur kotak- kotak, kain yang terbuat dari nilon. bahan material yang digunakan untuk bahan ini adalah kapas, sutra, poliester, dan polypropylene, nilon dengan konten terbatas pada benang crosshatched yang membuatnya tahan air. Kain ristop tipis dan ringan memiliki struktur 3-dimensi karena benang tebal yang terjalin dengan kain tipis.
Keuntungan dari ripstop adalah tahan terhadap robek dan merobek, rasio kekuatan-to-weight yang menguntungkan dan bahwa air tidak dapat dengan mudah menyebar.
Jaket bahan ini biasanya digunakan untuk diluar lapangan.