TIPS MEMILIH WINDBREAKER

Tips Memilih Windbreaker


Windbreaker adalah produk lama yang kini kembali populer – berkat Nike dengan seri windbreaker-nya yang didesain dengan kreatif. Tetapi bagaimana memilih satu yang pas bagi Anda?


Windbreaker adalah jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Istilah itu populer di Amerika Utara dan Jepang. Sementara di Inggris ia dikenal dengan “windcheater”. Beberapa orang membuat kesalahan dengan menyamakannya dengan jas hujan. Tetapi kenyataannya, ia memang semacam jas hujan kelas ringan.

Bahan yang umum digunakan untuk windbreaker adalah fiber sintesis, poliester atau nilon. Dalam desain, ia biasa menggunakan karet elastis pada bagian pergelangan tangan, resleting dan tambahan hood. Beberapa produsen mengeluarkan windbreaker dengan fitur ekstra, seperti kantong di beberapa bagian – lengan atau bagian dalam. Tetapi satu yang perlu diingat: windbreaker yang baik adalah yang ringan dan ringkas.

Berikut adalah beberapa saran bagi Anda yang hendak membeli windbreaker:
  • Lihat beberapa majalah kegiatan alam bebas. Biasanya mereka punya ulasan soal beragam tipe windbreaker. Jika Anda tertarik pada satu jenis dan tidak bisa menemukan ulasannya, telepon saja produsennya dan tanyakan pada mereka.
  • Jika Anda punya bujet terbatas (ya, harga windbreaker merentang dari yang murah hingga sangat mahal) dan Anda sedang dalam perjalanan, cari tahu soal iklim daerah tujuan Anda. Apakah ia sedang kering? Kalau iya, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli windbreaker tanpa lapisan penahan air.
  • Perhatikan fitur-fitur ekstra dalam sebuah windbreaker. Biasanya, semakin banyak ‘perintilan’, maka windbreaker semakin berat. Dan ini adalah hal terakhir yang Anda inginkan dalam sebuah perjalanan panjang.
  • Pastikan lengan windbreaker cukup panjang untuk – jika terdesak – menutupi pergelangan tangan Anda.
  • Jika windbreaker menawarkan hood, pastikan ia bisa disesuaikan dengan kepala Anda. Coba dahulu, dan rasakan apakah hood tersebut nyaman dipakai atau malah menyusahkan. Jika kehilangan manfaatnya, hood hanya akan menambah beban di ransel Anda.
  • Windbreaker mesti relatif pas di badan. Ini sangat penting, karena dalam perjalanan, Anda dihadapi dengan kemungkinan memakai pakaian berlapis. Jangan terlalu sempit hingga membuat Anda tidak nyaman, jangan juga terlalu longgar hingga menyulitkan Anda saat bermanuver atau mengenakan lapisan tambahan.
  • Perhatikan bagian resleting karena ini tempat favorit bagi angin untuk menyusup. Pastikan bagian dalam resleting memiliki lapisan penutup.
  • Adakah ventilasi di bagian ketiak windbreaker Anda? Ketahuilah bahwa ini menjadi berguna ketika Anda memakainya di daerah bercuaca panas.
  • Windbreaker yang bagus seharusnya tidak memiliki sekat-sekat. Ini, selain membuatnya menjadi lebih murah, juga memberikan kemudahan dalam menyesuaikan diri terhadap cuaca yang berubah-ubah.